Catat, Seluruh Obat Batuk Rilisan PIM Pharmaceuticals Telah Kantongi Sertifikat Halal

Yoga Prakoso | 25 Juni 2021 | 18:07 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Produk dengan serifikat halal penting bagi masyarakat Indonesia khususnya umat Islam. Ini memberi rasa aman dan nyaman dalam mengasup produk.

PT PIM Pharmaceuticals sebagai salah satu produsen farmasi tertua dan terbesar di Tanah Air menjadikan sertifikasi halal fokus mereka. Sejak 2019, mereka mengantongi sertifikat halal MUI kategori obat batuk, Pim-Tra-Kol. Tahun ini, seluruh produk obat seri tablet telah tersertifikasi halal. Pencapaian ini menguatkan posisi PT PIM Pharmaceuticals sebagai salah satu dari empat industri farmasi pertama di Indonesia yang memiliki sertifikat halal.

Sertifikat halal yang diperoleh PT PIM Pharmaceuticals untuk produk obat batuk dengan kapasitas produksi 183 juta botol per tahun. Salah satu produk unggulannya, yakni Pim-Tra-Kol series, sejak 1980 menjadi obat batuk dan demam pilihan keluarga Indonesia. Marketing Manager PT. PIM Pharmaceuticals, Yunike Maris, menjelaskan, pada 2018 hingga awal 2019, belum banyak industri farmasi yang menerapkan sertifikasi halal. PT PIM Pharmaceuticals berinisiatif memberi kepastian status kehalalan produk bagi konsumen.

Berdasarkan survei internal, beberapa daerah di Indonesia sangat mengedepankan atribut halal saat beli obat. “Ini jadi tolok ukur untuk melihat keinginan, kebutuhan, dan respons konsumen kami terhadap produk kami. Karenanya, sejak 2019 kami mendapat sertifikat halal. Konsumen yang teredukasi produk berlabel halal cenderung lebih percaya dan merasa aman saat mengonsumsi. Ini memengaruhi kepercayaan terhadap sebuah brand,” kata Yunike dalam keterangan pers yang kami terima pekan ini.

Kabar lain, obat batuk Pim-Tra-Kol kini memproduksi seri untuk anak-anak yaitu Pim-Tra-Kol Syrup Kids yang teruji aman dan efektif meredakan batuk, melegakan tenggorok, dan demam.  Proses produksi Pim-Tra-Kol mengacu pada standar cGMP (CPOB), ISO 9001, dan standar Halal, sehingga menghasilkan produk yang higienis sekaligus bisa diandalkan. “Obat batuk Pim-Tra-Kol baik untuk dewasa maupun anak-anak bisa dibeli di seluruh apotek di Indonesia,” tutup Yunike.

Penulis : Yoga Prakoso
Editor: Yoga Prakoso
Berita Terkait